Breaking News
Home / Listrik / Jenis Jenis Kabel Listrik dan Penjelasan

Jenis Jenis Kabel Listrik dan Penjelasan

Kabel atau dalam bahasa inggris nya dtulis dengan cable, adalah sebuah media atau benda yang digunakan untuk menghantarkan  energi listrik dari satu titik ke titik lainnya.

Kabel juga bisa digunakan untuk media pengantar sinyal atau mentransmisikan sinyal data informasi baik itu ke antena ataupun atar perangkat digital.

Sebuah kabel tediri atas bagian konduktor atau media penghantar listrik dan juga bagian isolator atau pembungkus dari konduktor tersebut. Disini akan dijelaskan beberapa jenis kabel listrik berdasarkan tipe penghantar dan juga bahan pembungkus atau isolator dari kabel tersebut.

Jenis jenis kabel listrik :

1. Kabel NYA

Kabel berjenis NYA biasanya digunakan pada instalasi rumah tinggal dengan ukuran pada umumnya 1.5mm atau 2.5mm. Ciri Ciri dari kabel NYA adalah ber inti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC.

Kabel NYA memiliki kode warna isolasi ; merah, kuning, biru dan hitam.

Kabel NYA hanya memiliki satu lapisan pembungkus, sehingga kabel jenis ini mudah cacat atau sobek. Dalam instalasinya, penggunaan kabel jenis ini harus disertai dengan pipa kabel (kabel di dalam pipa PVC) sehingga mencegah robek nya kabel akibat tergores atau gigitan tikus.

N : Kabel standar jenis tembaga

Y : Isolator PVC

A : Kawat Berisolasi

 

2. Kabel NYM

Kabel berjenis NYM juga digunakan pada instalasi rumah tinggal atau juga instalasi sistem tenaga. Kabel NYM memiliki isolasi berbahan PVC biasanya berwarna abu abu atau putih. Memiliki inti kabel 2, 3 atau juga 4 inti. Kabel NYM juga memiliki isolasi pembungkus yang lebih tebal dan kuat daripada kabel jenis NYA. Jenis kabel NYM dapat digunakan di daerah yang lembab atau basah, namun bukan jenis kabel yang dapat di tanam di dalam tanah.

N : Kabel standar jenis tembaga

Y : Isolasi PVC

M : Berselubung PVC

 

3. Kabel NYY

Kabel ini dibuat khusus untuk tetap didalam tanah namun harus tetap diberikan perlindungan seperti duct, pipa PVC ataupun pipa besi. Bisa dipasang pada luar ruangan maupun dalam ruangan. Biasanya ber inti 2,3 atau 4. Warna isolasi selubung adalah warna hitam. Biasanya kabel NYY akan lebih mahal daripada kabel jenis NYM. Dan untuk bahan yang digunakan sebagai isolasi biasanya adalah bahan yang tidak disukai tikus, sehingga cocok untuk ditanam di tanah atau di tempatkan diluar ruangan.

 

4. Kabel NYAF

Kabel NYAF biasanya dipakai pada instalasi box panel yang menggunakan pipa PVC sebagai tempat jalur kabel. Kabel NYAF merupakan kabel tembaga dengan inti serabut. Dengan inti serabut, kabel ini memiliki fleksibilitas yang tinggi. Kabel ini tidak boleh ditempatkan pada lokasi yang lembab atau lokasi yang berpengaruh pada kondisi cuaca secara langsung.

 

5. Kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY

Kabel ini dirancang khusus untuk instalasi tetap dalam tanah yang ditanam langsung tanpa memerlukan perlindungan tambahan  (kecuali harus menyeberang jalan). Pada kondisi normal kedalaman pemasangan dibawah tanah adalah 0,8 meter.

6. Kabel NYCY

Kabel ini dirancang untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris dalam tanah, dalam ruangan, saluran kabel dan alam terbuka. Kabel protodur dengan dua lapis pelindung pita CU Kabel. Instalasi ini bisa ditempatkan diluar atau didalam bangunan, baik pada kondisi lembab maupun kering.

7. Kabel BC

Kabel ini dipilin/stranded, disatukan. Ukuran / tegangan mak = 6 – 500 mm2 / 500 V Pemakaian = saluran diatas tanah dan penghantar pentanahan.

8. Kabel AAAC

Kabel ini terbuat dari aluminium-magnesium-silicon campuran logam, keterhantaran elektris tinggi yang berisi magnesium silicide, untuk memberi sifat yang lebih baik. Kabel ini biasanya dibuat dari paduan aluminium 6201. AAAC mempunyai suatu anti karat dan kekuatan yang baik, sehingga daya hantarnya lebih baik.

9. Kabel ACSR

Kabel ACSR merupakan kawat penghantar yang terdiri dari aluminium berinti kawat baja. Kabel ini digunakan untuk saluran-saluran Transmisi tegangan tinggi, dimana jarak antara menara/tiang berjauhan, mencapai ratusan meter, maka dibutuhkan kuat tarik yang lebih tinggi, untuk itu digunakan kawat penghantar ACSR.

10. Kabel ACAR

Kabel ACAR yaitu kawat penghantar aluminium yang diperkuat dengan logam campuran, sehingga kabel ini lebih kuat daripada kabel ACSR.

11. Kabel NYMHYO

Merupakan kabel jenis serabut dengan berintikan dua serabut. Kabel ini biasanya digunakan untuk soundsystem, loudspeaker, virtual video.

12. Kabel NYMHY / NYYHY

Kabel tembaga berbentuk serabut dan berisolasi PVC. NYMHY umumnya berwarna putih dan NYYHY biasanya berwarna hitam. Kabel-kabel ini berinti lebih dari 1 kabel. Biasanya digunakan untuk instalasi didalam rumah yang tidak permanen, karena sifatnya fleksible dan tidak mudah patah.Kabel jenis ini khusus direkomendasikan untuk digunakan sebagai penghubung alat-alat rumah tangga yang sering dipindah pindah dan harus ditempat kering. Kabel ini mempunyai isolasi plastic tahan panas. Bilamana digunakan untuk penghubung alat pemanas, maka pada titik sambungannya antar alat dengan kabel, temperaturnya tidak boleh lebih dari 85 derajat Celcius, karena hal tersebut dapat membahayakan kabel itu sendiri

About Tukang Solder

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: